Wisuda di ITB

Wisuda di ITB merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh semua massa kampus ITB, baik yang akan lulus maupun yang belum, kenapa ?

Kalo buat yang diwisuda udah jelas lah ya ? πŸ˜›

Kalo yang belum, tentu saja karena mereka dapat menyaksikan sebuah budaya kampus ITB, yaitu ARAK-ARAKKAN WISUDAWAN !

Ya, ada sebuah tradisi di ITB dimana setiap wisuda para wisudawan akan diarak keliling kampus dari Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) oleh massa himpunannya. Kebanyakan jalur yang digunakan itu adalah dari Sabuga melalui jalan Tamansari sampai ke gerbang Ganesha, nah biasanya di gerbang ini ada semacam atraksi yang diadakan dari himpunannya untuk menyambut para wisudawan. Nah atraksi ini yang ditunggu-tunggu oleh massa kampus lainnya, karena biasanya selain ikut meramaikan atraksi ini massa kampus juga akan ikut mengarak wisudawan di kampus, biasanya sesuai himpunan masing-masing.

Tentu saja sering terjadi masalah saat arak-arakan ini terjadi, masalah yang paling sering terjadi dan paling menyedihkan adalah adanya kontak fisik yang berlebihan dan tidak perlu antarhimpunan. Hal ini benar-benar menyedihkan karena seharusnya acara arak-arakan ini adalah acara yang menyenangkan, bukan sesuatu yang harus dihindari.

Katanya sih sekarang kalo himpunan mau mengadakan arak-arakan harus dengan persetujuan dari prodi, tapi ga tau deh gimana…

Duh ternyata udah panjang, tapi padahal belom masuk intinya nih ( πŸ˜› ). Terlepas dari masalah di atas, di sini gw mau bernostalgia tentang wisuda-wisuda yang pernah gw ikuti sebagai bagian dari massa himpunan.

Wisuda Juli 2008
Ini pertama kali gw ikut dalam acara wisuda. Di sini gw sebagai mahasiswa IF yang baru masuk jurusan diminta tolong oleh 2006 untuk ikut meramaikan wisuda. Temanya waktu itu magic, jadi kami bikin pertunjukkan kayak ada duel antara penyihir hitam dan penyihir putih gitu. Propertinya oke bet, lengkap dengan topi dan tongkat penyihirnya, ada juga budak-budak yang siap melayani anda, hahaha

Waktu arak-arakkan yang ga dapet peran apa-apa diminta pake jas almamater, soalnya kan belom dapet jahim. Di sini kita juga menyanyikan lagu-lagu yang dibuat sendiri, sayangnya karena lagunya baru jadi ga semua massa himpunan ikut nyanyi, jadinya 2007 asik sendiri -_-


Wisuda Oktober 2008
Ini wisuda pertama yang panitianya 2007 (gw bukan panitia, hanya pendukung πŸ˜€ ). Kalo ga salah ketuanya tuh Afi. Tema yang dipilih untuk wisuda saat itu kurang jelas sebenarnya, soalnya udah dari sebelumnya pengen kalo arak-arakkannya itu ada terorisnya, jadi ya untuk tema dipilih yang bisa nyerempet-nyerempet itu, kalo ga salah ada perlindungannya deh, hahaha

Di sini ada dua peran penting, teroris dan bodyguard. Ceritanya sih bodyguardnya ngejagain para wisudawan dari teroris, tapi jadi bodyguard ga enak, soalnya disuruh pake jas, panas 😐


Wisuda April 2009
Seharusnya wisuda Maret, tapi karena ada Dies Emas ITB jadi dimundurin ke April. Ketua wisuda ini Marcel dan temanya itu…lupa, Vintage kalo ga salah -_-.

Untuk arak-arakannya, karena 2007 selama ini ga pernah ngarak pake jahim, jadi sepakat untuk arak-arakan wisuda April ini dresscode-nya jahim atau baju angkatan.

Di wisuda ini untuk pertama kalinya juga gw melihat keadaan di Sabuga, keadaannya benar-benar kacau deh. Mungkin karena kabinet lagi kosong jadinya tim advokasi ga bisa berjalan dengan lancar, soalnya keadaan di depan pintu utama Sabuga tuh benar-benar ga kondusif, ada beberapa kontak fisik yang sebenarnya ga perlu, mungkin karena arogansi himpunan yang terlalu tinggi..mungkin.

Yak itu lah wisuda-wisuda yang udah gw ikuti selama ini, wisuda selanjutnya tanggal 18 Juli 2009 nanti. Sepertinya untuk wisuda nanti kita akan minta bantuan ke 2008, sekalian untuk mempererat kekeluargaan mereka, asik lho kerja bareng-bareng πŸ˜€

Ga sabar menunggu wisuda berikutnya, hohoho

Advertisements

2 responses to “Wisuda di ITB

    • kalo di ITB wisudanya 3 kali setaun, biasanya sih bulan Maret, Juli, sama Oktober
      kalo wisuda itu kan ga pake diarak kan? πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s