Nol dan Kosong

“Daripada blog ga diperbaharui terus mending diisi dengan hal-hal penting yang mungkin ga penting kayak ini, hahaha”


Kalo anda menyimak percakapan-percakapan yang terjadi di sekitar kita, anda akan menyadari bahwa ternyata penggunaan kata kosong sering disalahgunakan. Kosong sering digunakan sebagai angka atau bilangan, misalnya..

“Nomer hp gw kosong delapan lima enam…”

Apakah benar penggunaan kata kosong tersebut ?

Menurut KBBI dalam jaringan:

koΒ·song a 1 tidak berisi

sebenernya masih panjang, tapi sudah bisa terwakilkan oleh yang pertama

Nah bisa diliat kalo ternyata penggunaan kata kosong yang kita pake itu ternyata sering salah, padahal udah ada kata nol yang memang tugasnya itu merepresentasikan angka/bilangan tersebut.

nol num 1 bilangan yg dilambangkan dng O

Mungkin memang ga penting menurut banyak orang tapi sebagai orang Indonesia yang baik paling ngga tau hal tersebut, lagipula ga berat kok menggunakan kata nol, hanya satu suku kata, daripada kosong yang dua suku kata πŸ˜›

Siapa tahu ada keadaan yang mengharuskan kita ingat perbedaan antara nol dan kosong ini, fufufu

Tambahan: kalo kata temen gw (baca: Atin): nol itu zero, kosong itu void πŸ˜›

Advertisements

8 responses to “Nol dan Kosong

  1. sebenernya sih, sejarahnya angka 0 itu untuk melambangkan sesuatu yang gak ada, (karena banyak peradaban jadul yang gak mengenal konsep nol, dan tak terhingga) contohnya kayak 1/0, artinya kan 1 dibagi dengan sesuatu yang gak ada. jadi di satu sisi, 0 (nol) dan kosong itu memiliki konsep yang sama, jadi penggunaan kata nol dan kosong dalam percakapan sehari-hari sebenernya masi bisa dibenarkan..

    ditambah lagi, dalam contoh lo itu, angka 0 bukan sebagai penanda desimal, jadi sah-sah aja kl make kata kosong..begitchu..(ini IMHO banget loh..)

    *BTW, gw rasanya tau nih kenapa lo nulis soal nol dan kosong..ahuahuhauhahuhuhu.. keadaan banget tuh..

    • Ya kan yang gw bilang ini penggunaan di dalam bahasa Indonesia
      di KBBI yang menurut gw isinya EYD aja maknanya begitu, dasar tulisan gw ini sih itu aja ry, begitu.. πŸ˜€

      thx untuk komennya, bisa jadi pahan pemikiran bersama itu πŸ˜€

  2. nanti boleh ya tom yaa boleh yaaa x)

    mengulang komen saya di plurk,
    nol itu zero, kalo kosong itu void..

    —–
    7049 baikhati πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s