Posted in ITB

USM ITB

Sebelum masuk ke inti tulisan gw mau memberi selamat kepada semua yang lolos di USM ITB di daerah. Semoga yang kalian dapet memang yang terbaik buat kalian. Yang belum dapet juga tenang aja, ga usah stress atau rendah diri, mungkin memang belom jalan kalian aja, masih banyak jalan ke perguruan tinggi (apalagi ke Roma 😀 ).

Nah bicara soal USM nih, gw pengen memberi tahu sebenarnya gimana sih teknis penerimaan mahasiswa baru di USM ini ?

Jadi begini, bagi yang belom tahu USM ITB itu ada dua, USM daerah dan USM terpusat. Dari ITB sudah mengalokasikan tempat untuk mahasiswa baru yang diterima lewat USM untuk tiap fakultas. Contoh dari STEI yang total bisa menampung 350 mahasiswa baru, 200 tempat dialokasikan untuk jalur USM.

Kapasitas dan tingkat kesulitan relatif
Kapasitas dan tingkat kesulitan relatif

Nah untuk USM daerah yang sudah dilaksanakan pada bulan Maret kemarin ada yang namanya passing grade. Untuk lolos di USM daerah ini para peserta harus mendapat nilai yang lebih atau sama dengan passing grade dari pilihan fakultasnya. Gw sendiri tidak tahu berapa passing grade untuk masing-masing fakultas, mungkin hampir sama dengan tingkat kesulitan relatif di atas.

Untuk USM terpusat yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Mei nanti sistemnya beda lagi. USM terpusat tidak lagi menggunakan passing grade melainkan cukup persaingan antar peserta. Tempat yang masih tersisa dari yang sudah dialokasikan ITB untuk USM akan direbutkan oleh peserta, jadi cukup siapa yang lebih tinggi dia lah yang akan lolos.

Jadi lebih susah melawan passing grade atau peserta lain ?

PERHATIAN:
Informasi ini gw dapet dari salah satu dosen di ITB dan mungkin benar, ada yang salah, atau salah sama sekali. Jadi kalau ada yang tahu sistem yang benar-benar benar dari USM ini gw mohon banget untuk mengoreksi tulisan gw ini.

Author:

Lahir di Jakarta tanggal 9 Juni 1989, diberi nama Aditya Pratama yang panggilannya Tomi..strange huh? I know... Sekarang sedang menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Teknik Informatika (Sistem dan Teknologi Informasi) Institut Teknologi Bandung

9 thoughts on “USM ITB

  1. apakah gw bisa menjadi salah seorang beruntung yang mendapatkan salah satu dari 350 kursi tersebut? jujur gw TAKKUUUTTTT……… doain gw ya tom….

  2. @erin: pasti gw doakan semua biar dapet yang terbaik 🙂

    @dwinanto: waduh, emang taun lalu ada polisinya om? mau jagain biar calon mahasiswanya ga di”ganggu”in mahasiswanya ya? 😛

  3. berarti siapa yg nilainya paling tinggi dialah pemenangnya ya? kemaren aku ikud yg usm daerah tapi ga lolos… :(, aku juga mw ikut yg terpusat, doain ya 🙂

Leave a Reply

