Posted in Kuliah

Review Kuliah

Sudah seminggu kuliah semester II 2008/2009 berjalan, gw mau review dikit nih soal mata kuliah yang gw dapet di semester 4 gw ini. Dengan total 20 SKS, inilah mata kuliah yang gw ambil semester ini:

1. Sinyal dan Sistem (II2094)

Saat kuliah pertama langsung berasa kalo ini kuliah elektro banget. Kenapa? Soalnya dosennya langsung nyebut-nyebut soal bilangan kompleks, dimana gw pertama kali belajar bilangan kompleks itu di kuliah Pengantar Rangkaian Elektrik (PRE) pas semester 2 kemaren, jadi apapun yang ada bilangan kompleks langsung gw kaitkan dengan elektro deh πŸ˜›

Ternyata kuliah ini kuat banget matematikanya, antara lain yang kita bener-bener harus kuasain adalah vektor, matriks, dan bilangan kompleks tadi.

Berarti harus baca buku PRE dan MaTek lagi nih….

2. Analisis dan Perancangan Sistem (II2040)

Sepertinya kuliah ini mirip dengan kuliah SI di IF, soalnya angk.2006 yang mau ngambil ini buat minor jadi ga jadi karena katanya begitu.

Kuliah ini seperti namanya belajar tentang sistem, mulai dari strukturnya, elemen-elemennya, desainnya, dll.

3. Rekayasa Perangkat Lunak (IF2036)

Meskipun gw masuk di Sistem dan Teknologi Informasi, tapi ternyata dapet ini juga, dan ternyata memang butuh, agar kita bisa menganalisis suatu perangkat lunak (bukan hanya program).

Dan lagi-lagi saya mendapat Bu CS sebagai dosen, jadi berarti harus duduk depan nih…

4. Basis Data (IF2034)

Pertama gw bingung dengan kuliah ini, basis data apaan sih? Tapi setelah di-bahasa Inggris-kan, “ooh…databases toh”

Ya jadi kuliah ini membahas tentang databases itu, gw belum bisa memberi review materi kuliah ini, karena kemarin cuma kuliah satu jam karena dosennya tidak bisa hadir

*dosennya kaprodi IF lho

5. Organisasi dan Arsitektur Komputer (EL2010)

Atau yang sering disebut orkom, adalah kuliah yang mempelajari tentang sistem komputer, baik hardware maupun software (kayaknya). Katanya sih nanti bakal belajar tentang assembly juga, tapi ga bener-bener memprogram pake itu, hii, serem aja kalo iya…

Dosennya enak, karena ngajarnya enak dan lucu, dan juga dia mendapat masalah yang sama dengan saya, yaitu nama panggilan yang tidak cocok dengan nama lengkap, hahaha

6. Pemrograman Berorientasi Objek (IF2033)

Atau yang biasa dikenal dengan OOP. Katanya sih beda dengan paradigma pemrograman lain yang non-OOP, tapi karena gw belum mendalami hal ini, jadi belum bisa bilang bedanya gimana. Kemarin baru belajar tentang hal-hal yang ada di OOP ini, antara lain encapsulation, inheritance, polymorphism, dan dynamic binding.

7. Komunikasi Antar Personal (IF3094)

Kalau anda perhatikan hanya kuliah ini aja yang kodenya diawali dengan 3, itu karena memang seharusnya ini kuliah tingkat 3, tapi karena gw masih bisa ngambil tanpa surat SKS lebih, ya ambil deh ^^

*dan lagi-lagi gw dapet Bu CS sebagai dosen….

Β 

Oh iya, semua mata kuliah di atas bobotnya 3 SKS, kecuali Komunikasi Antar Personal yang 2 SKS

Author:

Lahir di Jakarta tanggal 9 Juni 1989, diberi nama Aditya Pratama yang panggilannya Tomi..strange huh? I know... Sekarang sedang menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Teknik Informatika (Sistem dan Teknologi Informasi) Institut Teknologi Bandung

6 thoughts on “Review Kuliah

  1. @gita: ya kan semester 2 tahun ajaran ini
    itu mata kuliah gw skrg git
    weleh, knapa emang jd pengen di sini?
    coba aja git, kan kesempatan terakhir nih πŸ˜›

Leave a Reply

